Profile

Join date: Oct 7, 2022

About

Pantai Hamadi, Kombinasi Rekreasi Bahari dan Rekreasi Alam di Jayapura


Di tahun 1944, saat Jayapura masih namanya Hollandia, pasukan sekutu membuat pangkalan pusat instruksi di daerah ini. Di bawah instruksi panglima paling tinggi sekutu, Jenderal Douglas McArthur, Jayapura jadi saksi bagaimana penyiapan pasukan sekutu


Di tahun 1944, saat Jayapura masih namanya Hollandia, pasukan sekutu membuat pangkalan pusat instruksi di daerah ini. Di bawah instruksi panglima paling tinggi sekutu, Jenderal Douglas McArthur, Jayapura jadi saksi bagaimana penyiapan pasukan sekutu hadapi pasukan Jepang yang kuasai mayoritas daerah Pasifik. Salah satunya daerah yang cukup penting ialah pesisir pantai Hollandia yang sekarang dikenali sebagai Pantai Hamadi.


Riwayat di atas ialah background yang jadikan Pantai Hamadi jadi menarik dan berlainan dari beberapa Pesisir pantai lain di kota Jayapura. Dulu, saat pasukan sekutu masuk daerah Jayapura, pantai ini jadi pertahanan pasukan sekutu pada gempuran Jepang. Oleh karenanya, jika kita berkunjung pantai Hamadi sekarang ini, tersisa benteng pertahanan terhampar dengan panjang kurang lebih 2 km ada disitu.


Benteng ini jadi saksi riwayat bagaimana pasukan sekutu menjaga pangkalan pusat instruksinya di daerah pasifik. Kehadiran benteng ini adalah taktik pertahanan pasukan sekutu yang jadi satu serangkaian dengan pantai Base-G di kota Jayapura. Meskipun keadaannya tidak utuh kembali, tetapi tersisa tembok benteng jadikan pantai Hamadi sebagai objek monumental yang memikat buat didatangi.


Selainnya nilai sejarahnya, pantai ini saat ini jadi objek rekreasi yang ramai didatangi pelancong lokal dan luar Jayapura. Mereka umumnya habiskan waktu berlibur Sabtu-Minggu pada tempat ini dengan keluarga atau rekan-rekan. Berenang, olahraga, atau sekedar hanya bercakap-cakap jadi aktivitas mereka sekalian nikmati cantiknya panorama sekitaran. Pantai Hamadi benar-benar pas untuk santai di saat sore hari sekalian menanti hadirnya malam di kota Jayapura.


Daerah yang ada di pusat perkotaan Jayapura jadikan Pantai Hamadi gampang untuk dicapai dan dekat sama pusat aktivitas warga Jayapura. Ini juga yang membuat Pantai Hamadi jadi objek rekreasi populer di ibu-kota provinsi Papua ini. Pantai yang menghampar luas, pasir warna keemasan dan narasi riwayat dibalik Hamadi, benar-benar cukup membuat pantai ini makin memesona.


Papua sebagai pulau di ujung sisi timur negara Indonesia yang banyak simpan keberagaman hewani, nabati, dan rekreasi alam yang paling cantik yang memesona. Disamping itu di pulau ini mempunyai banyak pantai eksotik yang cantik dan masih jarang-jarang tersentuh oleh manusia. Salah satunya pantai yang cantik itu namanya Pantai Hamadi.


Pantai ini berada sepanjang sekitaran 5 km ke selatan dari pusat perkotaan Jayapura yang disebut ibu-kota Papua. Pantai ini jadi saksi bisu landingnya pasukan amphibi punya sekutu untuk pertamanya kali di tahun 1944 lalu. Selainnya cuma dapat nikmati keelokan alam pantainya, di sini Anda bisa juga menyaksikan history yang dapat Anda simak di bagian ini.


Semenjak akhir-akhir ini Pantai Hamadi benar-benar ramai didatangi baik pelancong yang dari Jayapura tersebut atau pelancong yang dari luar Jayapura. Pelancong itu tiba berbondong bondong ke pantai ini dengan arah belajar riwayat dan nikmati keelokan alamnya yang dapat melepaskan capek dari kegiatan rutin tugas.


Tentu Anda berpikiran kenapa di pantai ini disebut mempunyai ombak yang dapat terbang. Berikut sebagai salah satunya hal bagus yang disuguhi di pantai ini. Anda dapat menemuinya saat ombak air laut sedang tinggi atau umum disebutkan sedang pasang. Karena saat pasang, Anda dapat menyaksikan keunikannya itu.


Jadi hal unik itu muncul karena ketika berada ombak yang tinggi tiba dan nanti ombak itu mengenai sebuah tembok yang dibikin memanjang yang mempunyai panjang sekitaran lebih kurang 200 mtr.. Hal itu membuat air laut yang tiba akan menghajar tembok itu, lalu ombak itu akan bersimbur sampai ketinggian sekitaran 5-8 mtr..


Panorama di pantai Hamadi ini sangat epic, karena panoramanya bisa langsung menyaksikan ke arah lautan terlepas yang bersih. Tidak itu saja, disekitaran pantai ini tumbuh pohon warna hijau fresh cemara yang melingkari area pantai itu. Pantai ini mempunyai latar belakang pohon mangrove yang teduh dan cantik.


Karena jumlahnya pohon mangrove yang tumbuh dengan subur disekitaran pantai, membuat udara dan situasi pantai sangat sejuk. Disamping itu, Anda bisa juga ketahui mengenai pohon mangrove sebab bisa mengenal pohon itu langsung dan dengan detil. Tidak sangsi banyak pelancong yang kerasan lama-lama di pantai ini.


Bukan hanya mempunyai riwayat yang hanya dikisahkan lewat mulut ke dalam mulut, tetapi di sini ada barang monumental itu yang dapat Anda dalami sejarahnya itu. Hal tersebut bisa membuat Anda memperoleh tambahan pengetahuan saat tiba ke sini. Walau keadaannya tidak prima, tetapi barang itu masih tetap mempunyai daya magnet tertentu.


Kemungkinan barang-barang warisan riwayat itu bisa Anda dapatkan ialah sebuah benteng pertahanan yang dahulunya digunakan dan dibuat oleh sekutu. Benteng itu menghampar kuat sejauh lebih kurang 2 km, yang dahulunya dipakai sebagai tempat berlindung dan basis beberapa sekutu.


Selainnya pantai ini mempunyai penuh akan riwayat, di sini mempunyai daya magnet tertentu berbentuk pasir putih yang cantik dan terhampar luas. Pasir putih itu seakan-akan akan menganakemaskan Anda saat ingin berjemur nikmati konsumsi cahaya matahari. Selainnya cuma untuk berjemur, Anda bisa juga bermain istana pasir saat ada di sini.


Pantai Hamidi sebagai pantai yang berada di Kota Jayapura, Jayapura sisi Selatan, dalam suatu kota namanya Tobati. Tempat itu tidak begitu jauh dari pusat perkotaan Jayapura, pantai ini cuma memiliki jarak sekitaran kurang lebih 5 km saja dari pusat perkotaan. Karena terletak yang tidak begitu jauh dari pusat perkotaan, membuat lokasi pantai ini termasuk vital dan gampang untuk dijangkau.


Saat Anda ingin tiba ke pantai ini, Anda dapat memakai kendaraan individu beroda 2 atau beroda 4. Dan untuk akses ke arah pantai ini, Anda bisa juga naiki sebuah kendaraan umum dari pusat perkotaan Jayapura yang sudah disiapkan oleh pemerintahan di tempat. Anda dapat tempuh perjalanan ke arah pantai ini dari kota Jayapura cuma sekitaran 20 sampai 30 menit perjalanan saja.


Untuk jalur ke arah pantainya, Anda dapat mengawali perjalanan dari Jayapura. Saat di Jayapura Anda harus ke arah Jl. Perkutut, lalu sesudahnya ke arah Jl. Raya Abepura, dan Anda ke arah Jl. Kutub. Setelah tiba di Jl. Kutub, Anda dapat arahkan kendaraan Anda ke arah Jl. Hamadi Pante. Saat datang disitu, Anda langsung akan disongsong oleh pintu gerbang rekreasi pantai ini.


Saat sebelum masuk ke area pantai, nanti Anda akan menemui gerbang masuk Pantai Hamadi untuk dapat beli ticket yang dipakai untuk dapat masuk ke arah tempat rekreasi itu. Untuk ticket masuk ke pantai ini tidak diambil ongkos atau cuma-cuma, tetapi Anda cuma akan bayar ongkos parkir kendaraan Anda seperti Tiket Pantai Ngliyep.


Untuk kendaraan individu berbentuk kendaraan memiliki roda 4, maka dikenai biaya parkir sejumlah 20.000 rupiah untuk ongkos 1 mobil yang masuk. Dan jika Anda tiba ke sini dengan memakai kendaraan roda 2, maka dikenai biaya parkir cuma sejumlah 10.000 rupiah untuk 1 motor. Dengan biaya sebesar itu, Anda dapat nikmati keelokan alam dan riwayat pantai ini.

AnggaFatah

More actions